KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN COGNITIVE LOAD UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Fathoni, Yazid and Retnowati, Endah (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN COGNITIVE LOAD UNTUK SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Abtrak_Skripsi_Yazid Fathoni_13301241076_Pendidikan Matematika.docx

Download (14kB)
[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi_Yazid Fathoni_13301241076_Pendidikan Matematika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji keefektifan antara metode pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan problem solving ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load siswa, 2) menguji keefektifan antara strategi pembelajaran individu dengan kelompok ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load siswa, 3) menguji interaction effect antara metode pembelajaran dan strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah atau cognitive load siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment, dengan desain penelitian posttest only non equivalent control design. Populasi penelitian adalah populasi sampling yang ditentukan dari kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP dengan kategori sedang dan belum mempelajari masalah-masalah kompleks pada materi keliling dan luas segiempat. Sampel penelitian ditentukan melalui convenience sampling, yaitu 4 kelas VII SMPN 3 Banguntapan yang terdiri dari 100 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah serta rating scale untuk cognitive load. Instrumen dikatakan valid oleh validator ahli terdiri dari dua orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analysis of variance (ANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara metode pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan problem solving ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan cognitive load siswa, dengan metode problem posing tipe pre-solution posing yang lebih efektif, 2) tidak terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara strategi pembelajaran individu dengan kelompok ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah atau cognitive load siswa, 3) terdapat interaction effect antara metode pembelajaran dan strategi pembelajaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah atau cognitive load siswa. Metode pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing dengan strategi pembelajaran individu lebih efektif dibandingkan dengan strategi pembelajaran kelompok, dan tidak berbeda untuk problem solving dengan strategi pembelajaran secara individu maupun kelompok ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan juga cognitive load.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: problem posing, problem solving, kemampuan pemecahan masalah, cognitive load
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52602

Actions (login required)

View Item View Item