SINTESIS 4-METIL-2-PENTANON DARI ETIL ASETOASETAT DAN s-PROPIL BROMIDA MENGGUNAKAN KATALIS ETOKSIDA MELALUI REAKSI ALKILASI DAN DEKARBOKSILASI

Hartanti, Maya Tri (2017) SINTESIS 4-METIL-2-PENTANON DARI ETIL ASETOASETAT DAN s-PROPIL BROMIDA MENGGUNAKAN KATALIS ETOKSIDA MELALUI REAKSI ALKILASI DAN DEKARBOKSILASI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 MAYA%20TRI%20HARTANTI%20SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis senyawa 4-metil-2-pentanon dari senyawa etil asetoasetat dan s-propil bromida menggunakan katalis etoksida melalui reaksi alkilasi dan dekarboksilasi, serta mengidentifikasi senyawa menggunakan spektroskopi FTIR, dan spektroskopi GC-MS. Sintesis senyawa 4-metil-2-pentanon diawali dengan pembuatan natrium etoksida dengan cara mereaksikan natrium dan etanol. Katalis ini kemudian direaksikan dengan etil asetoasetat dan s-propil bromida melalui reaksi alkilasi pada suhu 69-76oC selama 3 jam, dilanjutkan dengan reaksi hidrolisis pada suhu 90-100oC selama 2 jam dan reaksi dekarboksilasi pada suhu 98-105 oC selama 3 jam. Hasil sintesis diidentifikasi menggunakan spektroskopi FTIR dan spektroskopi GC-MS. Senyawa 4-metil-2-pentanon dapat disintesis dari senyawa etil asetoasetat dan s-propil bromida menggunakan katalis etoksida melalui reaksi alkilasi dan dekarboksilasi. Senyawa hasil sintesis berupa cairan kental berwarna merah bata. Hasil spektra FTIR menunjukkan adanya serapan O – H, C-H alifatik, C=O dan C-O, sedangkan hasil spektra GC-MS menunjukkan kelimpahan senyawa 4-metil- 2-pentanon sebesar 0,09% sehingga menghasilkan rendemen sebesar 0,0078%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:45
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52601

Actions (login required)

View Item View Item