UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IIIA SD N PANGGANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Pujianti, Novita Tri (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IIIA SD N PANGGANG TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Novita Tri Pujianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas IIIA SD N Panggang Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas IIIA SD N Panggang. PTK ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada PTK ini adalah guru kelas dan siswa kelas IIIA SD N Panggang dengan jumlah 30 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Validasi instrumen penelitian dilakukan oleh dosen mata kuliah PKn. Data kuantitatif dianalisis dengan deskriptif kuantitatif dan data kualitatif dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hasil tes evaluasi yang diperoleh oleh siswa telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% dari 30 siswa telah mencapai atau melampaui KKM 75. Rata-rata nilai pada siklus 1 yaitu 81,85% dengan prosentase ketuntasan siswa 87% dan rata-rata nilai pada siklus 2 yaitu 83,45% dengan prosentase ketuntasan siswa 90%. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Siswa Kelas III SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:29
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52599

Actions (login required)

View Item View Item