UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 2 BRANGKAL KABUPATEN KLATEN MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP)

Wulandari, Giana (2017) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD N 2 BRANGKAL KABUPATEN KLATEN MELALUI METODE OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP). S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Giana Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas V SD N 2 Brangkal Kabupaten Klaten dengan menerapkan metode Outdoor Learning Process. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 2 Brangkal Kabupaten Klaten yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Outdoor Learning Process dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa IPA siswa kelas V SD N 2 Brangkal Kabupaten Klaten. Pada tahap pra tindakan diperoleh skor rata-rata minat belajar IPA siswa sebesar 54,96. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I skor rata-rata minat belajar IPA siswa meningkat menjadi 70,04 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 75,96. Kata kunci: minat belajar IPA, Outdoor Learning Process

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52598

Actions (login required)

View Item View Item