PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DI KELAS V SD NEGERI TANCEP 1 KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Astuti, Evy (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT DI KELAS V SD NEGERI TANCEP 1 KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Evy Astuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui active learning tipe card sort di kelas V SD Negeri Tancep 1 kecamatan Ngawen kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tancep 1 yang terdiri dari 25 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.Penelitian ini menerapkan metode active learning tipe card sort dengan langkah membuat kelompok,setiap kelompok diberi satu set kartu, siswa memilah-milah kartu menjadi sejumlah kategori dan melakukan presentasi tentang kategorinya. Proses pembelajaran pada siklus II terdapat beberapa perbaikan bedasarkan hasil refleksi pada siklus I yaitu mengubah cara pembagian kelompok dengan kertas berwarna, pemberian kartu sortir dan LKS, pemilahan dan pengelompokan kartu kesejumlah kategori dengan pengawasan dan bimbingan yang lebih dari guru agar pembagian kerja dalam kelompok dapat merata dan membacakan presentasi dengan menempelkan hasil kerja di depan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Tancep 1 setelah menggunakan active learning tipe card sort. Peningkatan persentase hasil belajar kognitif ketuntasan KKM siswa dari kegiatan pra siklus dan setiap siklus, yaitu pada pra siklus sebesar 52%, pada siklus I meningkat menjadi 76%, pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil belajar afektif juga menunjukan peningkatan dari siklus I yaitu 68% kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 88% yang mendapatkan nilai >2,50dengan rincian 72% kategori baik dan 16% kategori sangat baik. Kata kunci : Hasil Belajar, Card Sort, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:12
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52597

Actions (login required)

View Item View Item