PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT SISWA KELAS V SD MARGOYASAN YOGYAKARTA

Barus, Ema Srinina (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MINAT SISWA KELAS V SD MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ema Srinina Barus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran matematika untuk mencari keliling dan luas bangun datar untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dan minat siswa terhadap materi mencari keliling dan luas bangun datar setelah menggunakan media yang dikembangkan. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa, 18 orang siswa V A dan 11 orang siswa V B SD Margoyasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan menggunakan model Borg dan Gall. Pengembangan media pembelajaran ada sepuluh tahap, yaitu: 1) Research and Information Collection, 2)Planning, 3) Develop Preminary Form of Product, 4) Preliminary Field Testing, 5) Main Product Revision, 6) Main Field Testing, 7) Operational Product Revision, 8) Operational Field Testing, 9) Final Product Revision, 10) Dessemination and Implementation.Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran papan tangram berdasarkan uji validasi ahli dan uji coba kepada siswa melalui angket dan tes di SD Margoyasan serta media dikatakan layak apabila memperoleh kriteria minimal “baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran papan tangram dinyatakan layak melalui pengujian ahli dan pendapat siswa. Hasil validasi media papan tangram memperoleh nilai rata-rata 3,93 sehingga media papan tangram masuk kriteria “sangat baik”. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 3,875 sehingga masuk kriteria “sangat baik”. Hasil angket respon memperoleh skor rata-rata 3,42 dengan kriteria “sangat baik”, hasil angket minat belajar siswa memperoleh skor rata-rata 3,34 dengan kriteria “sangat baik” serta semua siswa mengalami peningkatan nilai. Kata kunci: Media pembelajaran, Kemampuan Kognitif, Minat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Aug 2017 07:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52596

Actions (login required)

View Item View Item