PENGEMBANGAN SIMULASI PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER BERBASIS PEMBELAJARAN MOBILE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUA

Ide Ayu, Astuti (2017) PENGEMBANGAN SIMULASI PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER BERBASIS PEMBELAJARAN MOBILE DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13501241014_Ide Ayu Astuti_TAS.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran simulasi dasar Programmable Logic Controller berbasis pembelajaran mobile pada siswa kelas XI program keahlian Otomasi Industri di SMK, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran simulasi dasar Programmable Logic Controller berbasis pembelajaran mobile pada siswa kelas XI program keahlian Otomasi Industri di SMK, dan (3) mengetahui mutu produk media pembelajaran simulasi dasar Programmable Logic Controller berbasis pembelajaran mobile pada siswa kelas XI program keahlian Otomasi Industri di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE menurut Lee dan Owens dan model pengembangan Waterfall menurut Pressman. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas instrumen penelitian menggunakan product moment dan reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) unjuk kerja media pembelajaran simulasi dasar Programmable Logic Controller berbasis pembelajaran mobile dikategorikan “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 100% pada aspek kebermanfaatan dan aspek komunikasi visual, (2) kelayakan materi pada media pembelajaran simulasi dasar Programmable Logic Controller berbasis pembelajaran mobile ditinjau dari ahli materi memperoleh persentase sebesar 85,3% termasuk dalam kategori “Sangat Layak” sedangkan ahli media memperoleh persentase sebesar 83,3% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dan (3) adanya perbedaan signifikan berdasarkan uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 pada SMK Negeri 2 Depok Sleman dan 0,000 pada SMK Kristen 1 Klaten, serta nilai gain berdasarkan modus sebesar 56,3% termasuk dalam kategori “Sedang” untuk SMK Negeri 2 Depok Sleman dan nilai gain berdasarkan modus sebesar 63,2% termasuk dalam kategori “Tinggi” untuk SMK Kristen 1 Klaten mengindikasikan bahwa mutu produk media pembelajaran simulasi dasar Programmable Logic Controller berbasis pembelajaran mobile termasuk “Baik”. Kata kunci: Media Pembelajaran, Mobile, Programmable Logic Controller, Simulasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52587

Actions (login required)

View Item View Item