PERANCANGAN KARYA CERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA

Ulum, Miftakhul (2017) PERANCANGAN KARYA CERITA BERGAMBAR LUMINIA UNTUK REMAJA. S1 thesis, Fakuktas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAKS MIFTAKHUL ULUM.PDF
Restricted to Repository staff only until 30 August 2018.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) konsep, 2) naskah, 3) unsur-unsur, 4) visualisasi untuk Tugas Akhir Karya Seni berjudul Perancangan Karya Cerita Bergambar Luminia untuk Remaja. Metode yang digunakan dalam perancangan karya cerita bergambar adalah metode eksplorasi, ekperimen, dan visualisasi. Eksplorasi yaitu metode untuk menemukan ide dan inspirasi dalam penulisan naskah untuk cerita bergambar dengan membaca contoh-contoh naskah cerita bergambar yang sudah ada dan menguraikan unsur-unsur yang ada didalamnya untuk kemudian diaplikasikan pada naskah cerita yang hendak dibuat. Tahap selanjutnya menggunakan metode eksperimen, yaitu eksperimen untuk menemukan bentuk dari karakter-karakter, objek-objek, dan gambaran latar tempat yang akan dimasukkan kedalam ilustrasi cergam; dilakukan melalui pembuatan sketsa kasar terlebih dahulu untuk kemudian dilanjutkan dengan metode berikutnya yaitu visualisasi. Visualisasi adalah proses mengubah sejumlah adegan terbaik dalam cergam menjadi ilustrasi, yang dilakukan dengan memanfaatkan program CorelDRAW sebagai bentuk dari penggunaan teknik digital dalam pengerjaan ilustrasi. Setelah perancangan dan proses visualisasi, maka dapat disimpulkan: 1) Konsep perancangan cerita bergambar terdiri dari 2 bagian; yang pertama menampilkan penulisan naskah cerita dengan unsur-unsur plot, tema, dan penggunaan bahasa. Bagian yang kedua menampilkan visualisasi dari tulisan menjadi bentuk ilustrasi dengan memperhatikan unsur-unsur yaitu: gaya, warna, garis, bentuk, dan gerakan. 2) Teknik yang digunakan adalah teknik ilustrasi digital dengan media komputer; menggunakan cara tracing melalui program CorelDRAW. 3) Gaya ilustrasi adalah kartun dengan objek utama merupakan bunga bernama Luminia beserta 6 orang karakternya (5 protagonis dan 1 antagonis). Hasil akhir konsep dan visualisasi tersebut adalah buku cerita bergambar Luminia dengan ciri sebagai berikut: (a) Cerita dan Ilustrasi disesuaikan untuk target pembaca yaitu remaja berusia 13-16 tahun, (b) Ilustrasi didominasi oleh warna-warna yang terang dan ceria, (c) Garis-garis yang membentuk objek-objeknya terdiri dari garis-garis yang tegas dan outline yang tebal, (d) Karakter yang ditampilkan dalam cerita sebagian besar merupakan karakter fantasi berupa peri, demikian pula setting latar yang merupakan dunia fantasi sehingga cerita akan menarik untuk disimak dan membangkitkan imajinasi verbal maupun visual dari pembaca remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 31 Aug 2017 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52584

Actions (login required)

View Item View Item