PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL WEBBED PADA TEMA PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN GENERIK PESERTA DIDIK SMP

Miftakhuljanah, Miftakhuljanah (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA MODEL WEBBED PADA TEMA PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF, SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN KETERAMPILAN GENERIK PESERTA DIDIK SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA dengan model keterpaduan webbed yang layak berdasarkan penilaian validator, dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan generik peserta didik setelah menggunakan perangkat pembelajaran IPA model webbed yang dikembangkan. Desain penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahap yakni define, design, develop, disseminate. Tahap pendefinisian (define) meliputi tahap analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep dan merumuskan tujuan pembelajaran. Tahap perencanaan (design) meliputi penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap pengembangan (develop) meliputi, peninjauan dosen pembimbing dan validasi dosen ahli & guru IPA. Perangkat pembelajaran IPA yang telah divalidasi digunakan untuk uji coba di kelas VII B SMP Negeri 4 Wates. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen validasi perangkat pembelajaran IPA model webbed, lembar penilaian tes kemampuan kognitif, lembar observasi sikap peduli lingkungan, lembar penilaian sikap peduli lingkungan, lembar observasi keterampilan generik, lembar penilaian keterampilan generik, dan angket respon peserta didik terhadap LKPD IPA model webbed. Teknik analisis data secara kualitatif berupa komentar & saran dari validator dan analisis secara kuantitatif berupa skor validasi, skor penilaian kemampuan kognitif, penilaian sikap peduli lingkungan, serta penilaian keterampilan generik. Pada tahap penyebaran (disseminate) hanya dilakukan secara terbatas, mengingat ranah penelitian R&D yang sangat luas. Hasil penelitian ini adalah dihasilkannya perangkat pembelajaran IPA model webbed berupa silabus, RPP, dan bahan ajar LKPD yang dinyatakan layak oleh validator dengan kategori sangat baik (A), perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan mampu meningkatkan kemampuan kognitif, sikap peduli lingkungan, dan keterampilan generik secara signifikan yang dilihat dari uji signifikasi U Mann-Whitney. Nilai signifikasi kemampuan kognitif sebesar 0.000, sikap peduli lingkungan sebesar 0.000, dan keterampilan generik sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, webbed, kemampuan kognitif, sikap peduli lingkungan, keterampilan generik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52579

Actions (login required)

View Item View Item