PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN BENCANA KELAS VII SMP

Aulia Wati, Desi (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN BENCANA KELAS VII SMP. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan LKPD berbasis pendekatan konstruktivis yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik berdasarkan dosen ahli dan guru IPA, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan konstruktivis, (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar perserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan konstruktivis, (4) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA perserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis pendekatan konstruktivis. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Pada tahap define dilakukan dengan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan produk awal. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran pendekatan konstruktivis, angket respon peserta didik terhadap LKPD, lembar observasi motivasi belajar, angket motivasi belajar, dan soal pretest-posttest. Tahap develop meliputi peninjauan oleh dosen pembimbing, penilaian dosen ahli dan guru IPA, dan uji coba produk di kelas VII B SMP N 2 Turi dengan jumlah 32 anak. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif berupa uraian komentar dan saran dari validator sedangkan analisis kuantitatif berupa perhitungan persentase untuk peningkatan motivasi belajar dan N-gain score untuk pretest-posttest. Tahap terakhir disseminate hanya dilakukan secara terbatas kepada guru IPA kelas VII SMP N 2 Turi. Hasil penelitian ini adalah: (1) LKPD berbasis pendekatan konstruktivis dinyatakan layak dengan skor 67,75 dari skor maksimal 72 termasuk kategori sangat baik, (2) LKPD yang dikembangkan mendapat respon peserta didik dengan skor 89,45 dari skor maksimal 112 termasuk kategori baik, (3) rata-rata peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui hasil observasi dari tiga kali pertemuan yaitu sebesar 10,7% termasuk kategori cukup baik, serta diperkuat dengan hasil angket yaitu mengalami peningkatan sebesar 7,67% dari kategori cukup baik menjadi kategori baik, (4) peningkatan hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai N-gain score sebesar 0,4 pada kategori sedang. Hal ini diperkuat dengan hasil uji U Mann-Whitney yang diperoleh taraf signifikasi sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan LKPD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: LKPD, konstruktivis, motivasi, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 16 Oct 2017 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52578

Actions (login required)

View Item View Item