PENGARUH KOMBINASI MEDIA ONGGOK AREN DAN SERBUK GERGAJI BATANG POHON KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH Eudrilus eugeniae

Lokaningrum, Hesti (2017) PENGARUH KOMBINASI MEDIA ONGGOK AREN DAN SERBUK GERGAJI BATANG POHON KELAPA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH Eudrilus eugeniae. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi media onggok aren dan serbuk gergaji batang pohon kelapa terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing tanah Eudrilus eugeniae. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah cacing Eudrilus eugeniae yang telah memiliki klitelum dan dipelihara dalam 5 kombinasi media yang berbeda, yaitu onggok aren 100%, onggok aren 75% + serbuk gergaji kelapa 25%, onggok aren 50% + serbuk gergaji kelapa 50%, onggok aren 25% + serbuk gergaji kelapa 75%, dan serbuk gergaji kelapa 100%. Setiap kombinasi media dilakukan 5x ulangan. Pemeliharaan dilakukan pada bak plastik dengan ukuran 30 x 37 x 4 cm. Setiap bak media berisi 28 gram cacing. Semua perlakuan diberi pakan yang sama yaitu ampas tahu. Penelitian dilakukan selama 2 bulan dengan 2 kali pengambilan data. Parameter dalam penelitian ini yaitu pertambahan biomassa cacing, bobot kokon, dan indeks kokon yang dianalisis menggunakan One Way Anova dan jumlah kokon yang dianalisis menggunakan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata dari kombinasi media onggok aren dan serbuk gergaji batang pohon kelapa terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing Eudrilus eugeniae. Media yang terbaik untuk pertumbuhan cacing Eudrilus eugeniae yaitu kombinasi media onggok aren 50% + serbuk gergaji kelapa 50% sedangkan media yang terbaik untuk produksi kokon (jumlah kokon) yaitu kombinasi media onggok aren 75% + serbuk gergaji kelapa 25%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Eudrilus eugeniae, onggok aren, batang, pohon kelapa, pertumbuhan, kokon
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 30 Aug 2017 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 15:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52576

Actions (login required)

View Item View Item