PENGARUH VARIASI MASSA KARBON SEKAM PADI TERHADAP SINTESIS MATERIAL GRAPHENE OXIDE DENGAN METODE LIQUID PHASE EXFOLIATION MENGGUNAKAN BLENDER, SONIFIKASI, DAN BLENDER+SONIFIKASI BERDASARKAN UJI UV-VIS

Dwi Astuti, Nur Fitri and Dwandaru, WS. Brams (2017) PENGARUH VARIASI MASSA KARBON SEKAM PADI TERHADAP SINTESIS MATERIAL GRAPHENE OXIDE DENGAN METODE LIQUID PHASE EXFOLIATION MENGGUNAKAN BLENDER, SONIFIKASI, DAN BLENDER+SONIFIKASI BERDASARKAN UJI UV-VIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi massa karbon sekam padi pada perlakuan blender, sonifikasi, dan blender+sonifikasi menggunakan blender tanpa pisau terhadap sintesis GO berdasarkan spektrofotometer UV-Vis, mengetahui pengaruh perlakuan blender, sonifikasi, dan blender+sonifikasi terhadap hasil koefisien absorbansi terhadap material GO berdasarkan spektrofotometer UV-Vis. Penelitan ini dimulai dengan membuat larutan sampel analit variasi massa 1 gram, 2 gram, dan 3 gram dengan menambahkan detergen sebanyak 0,8 gram serta air 250 ml dengan memberikan perlakuan blender+sonifikasi, blender, dan sonifikasi. Masing-masing perlakuan dilakukan selama 2 jam tanpa jeda, serta alat blender yang tidak menggunakan pisau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu liquid phase exfoliation. Selanjutnya membuat larutan blanko dari detergen 0,8 gram dan air 250 ml dengan memberikn tiga perlakuan yang sama dengan larutan analit. Setelah sampel sudah jadi didiamkan semalam agar beberapa lapis graphene terpisah dari kumpulan graphene. Proses karakterisasi material GO dilakukan dengan pengujian spektrofotometer UV-Vis. Pengaruh variasi massa abu sekam padi pada perlakuan blender + sonifikasi dan blender menunjukkan bahwa semakin besar massa maka semakin besar panjang gelombang dari puncak absorbansi. Hal ini mengindikasikan adanya pergeseran puncak absorbansi menuju panjang gelombang yang lebih besar, atau terdeteksi adanya redshift. Sedangkan untuk perlakuan sonifikasi tidak memenuhi hukum lambert-beert. Pengaruh perlakuan blender, sonifikasi, dan blender+sonifikasi terhadap hasil koefisien absorbansi yaitu pada perlakuan blender memiliki nilai gradien lebih besar daripada blender+sonifikasi tetapi untuk nilai koefisien absorbansinya perlakuan blender+sonifikasi memiliki nilai lebih besar daripada blender.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: graphene, GO, blender, sonifikasi, blender+sonikasi, blender tanpa pisau.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52555

Actions (login required)

View Item View Item