PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PERANGKAT KERAS KOMPUTER” DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Ariffin Noor, Hidayat (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PERANGKAT KERAS KOMPUTER” DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
13520244028_Ariffin_Noor_LaporanTAS.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif “Perangkat Keras Komputer” Berbasis Adobe Flash untuk Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta, dan (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Interaktif “Perangkat Keras Komputer” Berbasis Adobe Flash untuk Mata Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media pembelajaran interaktif “perangkat keras komputer” menggunakan model pengembangan ADDIE dengan melalui 5 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subyek penelitian siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan mempunyai validitas sebesar 75.93% dan reabilitas sebesar 0.927. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif “perangkat keras komputer” berbasis Flash telah dapat dikembangkan dan diimplementasikan dengan baik, dan (2) tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif “perangkat keras komputer” dari ahli media sebesar 71,25% dengan kategori layak. Berdasarkan ahli materi sebesar 85,71% dengan kategori sangat layak. Dari sebanyak 30 sampel penelitian, diperoleh penilaian pemahaman siswa total rerata skor 66.6 termasuk dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang media pembelajaran interaktif yang dibuat mendapat respon yang baik, sehingga media pembelajaran ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran interaktif “perangkat keras komputer” berbasis Flash sangat layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, perangkat keras komputer, multimedia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 29 Aug 2017 03:16
Last Modified: 29 Aug 2017 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52549

Actions (login required)

View Item View Item