PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUATTUSUK HIAS MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA

Luthfi Mal'ail, Khusna (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBUATTUSUK HIAS MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI UNTUK SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LUTHFI MALA'IL K_PENGEMBANGAN MEDIA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk media pembelajaran membuat tusuk hias menggunakan aplikasi Prezi untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat tusuk hias menggunakan aplikasi Prezi untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta berdasarkan penilaian dari ahli media, 3) mengetahui kelayakan media pembelajaran membuat tusuk hias menggunakan aplikasi Prezi untuk siswa kelas X Tata Busana di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta berdasarkan penilaian dari ahli materi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan 4D. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari; (1) tahap analisis; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan; (4) tahap penyebaran. Validitas dan Reliabilitas instrumen penelitian dilakukan penilaian oleh expert judgment yaitu ahli media dan ahli materi. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan guru pengampu mata pelajaran. Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa dengan butir instrumen gugur 2 dan dinyatakan valid 18, untuk uji coba kelompok besar dilakukan dengan 30 siswa kelas X Tata Busana. Hasil penelitian dan pengembanga adalah : 1) Menghasilkan produk media pembelajaran membuat tusuk hias menggunakan aplikasi Prezi yang baik dan layak digunakan ; 2) Kelayakan media pembelajaran membuat tusuk hias menggunakan aplikasi Prezi berdasarkan penilaian dari ahli media dengan rerata 3,47 termasuk dalam kategori sangat layak, dari ahli materi 3,22 termasuk dalam kategori layak. Uji coba terbatas pada kelompok kecil termasuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 72,5. Uji coba kelompok besar berdasarkan analisis deskriptif, termasuk dalam kategori sangat layak dengan rerata 61,9. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran membuat tusuk hias yang telah disusun layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Aplikasi Prezi, Tusuk Hias
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2017 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52545

Actions (login required)

View Item View Item