PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DEVISIONS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK 1 SEWON

Ricky, Oktaviani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DEVISIONS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK 1 SEWON. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ricky Oktaviani_12513244004.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prestasi belajar siswa pada kelas kontrol dilhat dari hasil pretest dan posttest menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Dasar Pola kelas X di SMK N 1 Sewon, (2) prestasi belajar siswa kelas eksperimen dilhat dari hasil pretest dan posttest menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran Dasar Pola kelas X di SMK N 1 Sewon, (3) membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Dasar Pola siswa kelas X di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperiment dengan desain penelitian pretest postest non-equivalent pretest posttest control group design. Jumlah populasi 96 siswa dengan sampel 46 siswa menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional random sampling dengan rumus isaac dan michael dengan tingkat kesalahan 5%.. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan judgment expert yang dinyatakan valid oleh para ahli, instrumen tes dilanjutkan dengan validitas konstruk menggunakan korelasi point biserial dinyatakan dari 25 butir soal terdapat 21 soal valid. Reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach dengan hasil 0,929 dengan kategori istimewa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar pada kelas kontrol dilihat dari hasil pretest sebesar 60.87% (14 siswa) yang mencapai KKM dan 39.13% (19 siswa) yang tidak mencapai KKM dengan rerata 78.12, nilai maksimal 88.1, dan nilai minimal 68.2, untuk kelas posstest 69.53% (16 siswa) yang mencapai KKM dan 30.43% (7 siswa) yang tidak mencapai KKM dengan rerata 78.73 nilai minimal 69.2 nilai maksimal 88.1 (2) prestasi belajar pada kelas eksperimen dilihat dari pretest sebesar73.92% (17 siswa) mencapai KKM dan 26.08 atau 6 siswa yang tidak mencapai KKM dengan rerata 82.70, nilai maksimal 88.4 dan nilai minimal 66.6,Pada kelas posstest 100% (23 siswa) mencapai KKM, rerata 82.70, minimal 76.6, maksimal 89.1 (3) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar dasar pola siswa Kelas X di SMK N 1 Sewon, Berdasarkan hasil uji t kelas posttest kontrol dan posstest eksperimen t hitung> t tabel yaitu 2.484>2,015 dengan signifikansi 0,05%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achivement Devisions, Prestasi Belajar, Dasar Pola
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52541

Actions (login required)

View Item View Item