PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI KATELU (Klasifikasi Komponen Komputer) BERBASIS ANDROID DENGAN TOOLS UNITY 3D GAME ENGINE

Affif fatchtur, Rahman (2017) PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKASI KATELU (Klasifikasi Komponen Komputer) BERBASIS ANDROID DENGAN TOOLS UNITY 3D GAME ENGINE. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_AFIF FATCHUR RAHMAN_12520241062.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan Game edukasi Katelu pada perangkat berbasis android yang memuat materi klasifikasi komputer, (2) mengetahui tingkat kelayakan Game edukasi Katelu pada perangkat berbasis android menurut standar ISO 9126 dan standar kualitas Game edukasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan multimedia dari Lee dan Owens, yaitu analisis, desain, pengembangan dan implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian melibatkan 2 orang ahli untuk pengujian aspek media, 2 orang ahli untuk pengujian aspek materi, 1 orang ahli untuk pengujia aspek functionality dan 32 siswa kelas X SMK N 1 Bantul untuk pengujian usability. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan Game edukasi KATELU menggunakan software Unity 3d game engine dengan memuat materi Klasifikasi Komponen Komputer. Game berjalan pada platform android dan bergenre quiz and puzzle. Game ini memiliki 3 level yang berbeda, yaitu dasar, menengah dan lanjut. Game ini juga memiliki fitur nilai tertinggi dan rekap nilai, (2) Game edukasi KATELU dinilai layak karena hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa Game edukasi KATELU memenuhi standar ISO 9126 dengan persentase uji aspek functionality sebesar 100 % berada dalam kategori “sangat layak”, uji aspek efficiency dengan rerata penggunaan CPU sebesar 3% tidak lebih dari standar penggunaan CPU yang sudah ditetapkan oleh Little Eye sebesar 15%, uji aspek maintainability sebesar 85 dengan kategori “sangat mudah dirawat”, uji aspek portability sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, nilai hasil uji reliability sebesar 100% dengan kategori “sangat layak” karena tidak ditemukan kesalahan atau error saat dilakukan stress testing, serta nilai uji aspek usability sebesar 72,4% dengan kategori “layak” serta kualitas Game edukasi dengan persentase sebesar 83,7% (sangat layak), sedangkan untuk aspek materi mendapat persentase sebesar 97,7% (valid).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, klasifikasi komponen komputer, Android, ISO 9126
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:47
Last Modified: 29 Aug 2017 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52540

Actions (login required)

View Item View Item