ANALISIS PERBEDAAN GAYA BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN KELAS X JASA BOGA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA

Narlia, Syafitri (2017) ANALISIS PERBEDAAN GAYA BELAJAR ANTARA SISWA LAKI-LAKI DAN SISWA PEREMPUAN KELAS X JASA BOGA PADA MATA PELAJARAN ILMU GIZI DI SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kecenderungan gaya belajar siswa kelas X Jasa Boga pada mata pelajaran Ilmu Gizi di SMK Negeri 6 Yogyakarta, 2) Gaya belajar apa yang cenderung dimiliki siswa laki-laki 3) Gaya belajar apa yang cenderung dimiliki siswa perempuan. 4) Apakah terdapat perbedaan gaya belajar antara siswa laki-laki dan perempuan kelas X Jasa Boga pada mata pelajaran Ilmu Gizi di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Jenis penelitian merupakan penelitian komparatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2016 sampai dengan Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga 1,2 dan 3 di SMK Negeri 6 Yogyakarta dengan jumlah 93 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode sampling jenuh. Sampel yang digunakan bejumlah 89 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 77 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket dengan likert Scale. Metode yang digunakan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) gaya belajar siswa kelas X Jasa Boga pada mata pelajaran ilmu gizi diketahui bahwa visual sebesar 71,9% kategori sedang, auditori sebesar 75,3% kategori sedang dan kinestetik sebesar 69,7% kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X Jasa Boga pada mata pelajaran ilmu gizi sebagian besar cenderung belajar dengan gaya auditori yaitu sebesar 75,3%. 2) gaya belajar siswa laki-laki kelas X Jasa Boga diketahui bahwa visual sebesar 91,7% kategori sedang, auditori sebesar 83,3% kategori sedang dan gaya kinestetik sebesar 58,3% kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa laki-laki kelas X Jasa Boga besar cenderung belajar dengan gaya visual yaitu sebesar 83,3%. 3) gaya belajar siswa perempuan kelas X Jasa Boga diketahui bahwa visual sebesar 68,8% kategori sedang, auditori sebesar 74% kategori sedang dan kinestetik sebesar 71,4% kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa perempuan kelas X Jasa Boga sebagian besar cenderung belajar dengan gaya auditori yaitu sebesar 74%. 4) terdapat perbedaan signifikan antara gaya belajar siswa laki-laki dan perempuan kelas X Jasa Boga pada mata pelajaran Ilmu Gizi baik pada gaya visual (p: 0,039 < 0,05), auditori (p: 0,000< 0,05), maupun kinestetik (p: 0,003 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Ilmu Gizi
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52536

Actions (login required)

View Item View Item