PENERAPAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DALAM PRAKTEK MENJAHIT SISWA KELAS XII BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL

Wieka Putri, Matinawati (2017) PENERAPAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DALAM PRAKTEK MENJAHIT SISWA KELAS XII BUSANA BUTIK SMK NEGERI 1 PANDAK BANTUL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Wieke Putri Martinawati_12513244016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup oleh siswa kelas XII Busana Butik SMKN 1 Pandak pada saat praktek menjahit, dilihat dari sisi: (1) penggunaan alat pelindung diri, (2) ergonomi, (3) 5R, (4) penggunan mesin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena seluruh siswa kelas XII busana butik SMKN 1 Pandak Bantul yang berjumlah 60 siswa diambil datanya. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian digunakan untuk memperoleh data tentang penerapan K3LH oleh siswa kelas XII Busana Butik SMKN 1 Pandak dan dibuktikan dengan Validitas Isi dan Konstruk serta Relibilitas menggunakan bantuan program SPSS 16. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan K3LH dalam praktek menjahit siswa kelas XII Busana Butik SMKN 1 Pandak dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dari sisi: (1) penggunaan alat pelindung diri sudah diterapkan dengan baik oleh siswa mencapai (73,3%) dalam kategori “tinggi”, (2) penerapan ergonomi sudah diterapkan dengan baik oleh siswa dan mencapai (100%) dalam kategori “tinggi, (3) penerapan 5R diri sudah diterapkan dengan baik oleh siswa mencapai (100%) dalam kategori “tinggi, (4) penerapan penggunaan mesin sudah diterapkan dengan baik oleh siswa dan mencapai (100%) dalam kategori “tinggi”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, K3LH, Praktek Menjahit
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52535

Actions (login required)

View Item View Item