STRATEGI FOOD AND BEVERAGE PROMOTION DALAM UPAYA MENARIK TAMU DI HOTEL GRAND ASTON YOGYAKARTA

Syabrina Putri, Rahardjani (2017) STRATEGI FOOD AND BEVERAGE PROMOTION DALAM UPAYA MENARIK TAMU DI HOTEL GRAND ASTON YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apa saja bentuk-bentuk strategi Food and Beverage Promotion Hotel Grand Aston Yogyakarta dalam upaya menarik tamu hotel, dan (2) tingkat keberhasilan dari strategi Food and Beverage Promotion Hotel Grand Aston Yogyakarta dalam upaya menarik tamu hotel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di Hotel Grand Aston Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Marketing Communication Manager Hotel Grand Aston Yogyakarta dengan populasi dan sampel adalah tamu atau konsumen yang sudah pernah menggunakan fasilitas Food and Beverage Hotel Grand Aston Yogyakarta minimal 1 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi Food and Beverage Promotion Hotel Grand Aston Yogyakarta dalam upaya menarik tamu hotel sejalan dengan teori bauran promosi menurut Philip Kotler, yaitu pertama Advertising, yaitu dalam tahap ini Hotel Grand Aston mengiklankan produknya melalui media cetak, media elektronik dan media sosial atau internet. Kedua Personal Selling, yaitu dalam tahap ini bagian Sales and Marketing Hotel Grand Aston Yogyakarta mengundang calon tamu yang biasanya merupakan perwakilan dari suatu instansi atau kelompok secara personal untuk kemudian mempresentasikan tentang produk yang ingin ditawarkan. Ketiga Publicity, yaitu tahap dimana Hotel Grand Aston Yogyakarta mengundang wartawan atau awak media untuk kemudian dilakukan konferensi pers, demo penyajian produk yang ingin dipromosikan dengan timbal balik berupa penyiaran atau publikasi dari pihak wartawan maupun media mengenai promosi produk yang ditawarkan Hotel Grand Aston Yogyakarta. Keempat Direct Marketing, yaitu pada tahap ini bagian Sales and Marketing akan menghubungi calon tamu atau konsumen yang diharapkan secara personal dan berkelanjutan baik melalui email, telepon, surat atau media lain hingga proses penjualan produk ini berhasil mencapai kesepakatan. Kelima Sales Promotion, yaitu tahap dimana Hotel Grand Aston akan mengeluarkan kupon undian berupa voucher maupun potongan harga terhadap produk tertentu yang dipromosikan; dan (2) Strategi Food and Beverage yang dilakukan Hotel Grand Aston Yogyakarta cukup efektif dan mendapatkan respon positif dari tamu. Dalam periode April 2016 hingga juni 2017 promosi RANGGA merupakan salah satu strategi promosi yang paling berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Food And Beverage Promotion, Hotel Grand Aston Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52534

Actions (login required)

View Item View Item