PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rahmawati, Fadila Dyah and Marsigit, Marsigit (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika untuk pembelajaran matematika kelas VII SMP. Ada tiga aspek kualitas yang diteliti yaitu, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis etnomatematika pada materi segitiga berupa LKS. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima tahap, yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Piri Ngaglik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi dan evaluasi bahan ajar, angket motivasi belajar siswa, lembar observasi, soal pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini memiliki nilai kevalidan dengan rata-rata skor 3,52 dari rata-rata skor maksimal 5 dan juga praktis dipakai dengan rata-rata skor 3,83 dari rata-rata skor maksimal 5. Kemudian bahan ajar ini efektif berdasarkan hasil post test yang menunjukkan rata-rata nilai tes 71,79 dengan presentase ketuntasan siswa 50% dan hasil angket motivasi siswa kelas VII B SMP Piri Ngaglik yang menunjukkan rata-rata motivasi siswa 3,49 dari rata-rata maksimal 5 dengan presentase 70%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, etnomatematika, segitiga, prestasi belajar, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:29
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52525

Actions (login required)

View Item View Item