PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK GERBANG LOGIKA PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Krisna, Dewantara (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK GERBANG LOGIKA PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
01 HALAMAN AWAL.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) merancang pengembangan media pembelajaran praktik gerbang logika mata kuliah elektronika analog dan digital pada jurusan pendidikan teknik otomotif universitas negeri yogyakarta. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran praktik gerbang logika mata kuliah elektronika analog dan digital pada jurusan pendidikan teknik otomotif UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Terdapat 9 tahapan penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dihasilkan rancangan pengembangan media pembelajaran praktik gerbang logika yang sesuai dengan kebutuhan pada Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah EAD. (2) media pembelajaran praktik yang dihasilkan layak digunakan dibuktikan dengan hasil uji kelayakan materi secara keseluruhan aspek memperoleh persentase 86,11% masuk dalam kategori sangat layak, uji kelayakan media secara keseluruhan aspek memperoleh persentase 88,92% masuk dalam kategori sangat layak, dan uji kelayakan penggunaan oleh mahasiswa secara keseluruhan aspek memperoleh persentase 84,51% masuk kategori sangat layak. Dengan demikian secara keseluruhan media pembelajaran praktik gerbang logika mata kuliah elektronika analog dan digital sangat layak digunakan dengan persentase sebesar 86,51%. Media pembelajaran gerbang logika yang dihasilkan mempunyai spesifikasi sebagai berikut : bagian input terdiri dari 4 komponen push button jenis push to on dengan tambahan 2 push button jenis hold to on. Sedangkan untuk bagian process terdiri gerbang AND IC 7408, gerbang OR IC 7432, gerbang NOT IC 7404, gerbang NAND IC 7400, gerbang NOR IC 7402, gerbang EX-OR IC 7486, gerbang EX-NOR IC 4077. Bagian output menggunakan 12 LED. Sumber tegangan menggunakan adaptor LJH-1220 dengan tegangan input 100-240V 0,5A dan tegangan output 0-12V 2A. Untuk menghubungkan setiap komponen menjadi rangkaian menggunakan kabel penghubung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, gerbang logika, Elektronika Analog dan Digital
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Aug 2017 07:39
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52520

Actions (login required)

View Item View Item