PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AYO SINAU WAYANG PANDHAWA UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V-A SD NEGERI PACAR NGENTAK TIMBULHARJO SEWON BANTUL

Sarifudin, 13105241002 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF AYO SINAU WAYANG PANDHAWA UNTUK MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V-A SD NEGERI PACAR NGENTAK TIMBULHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Sarifudin_13105241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif Ayo Sinau Wayang Pandhawa yang layak digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Jawa siswa kelas V-A SD Negeri Pacar. Pendekatan penelitian menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, uji coba pemakaian, dan revisi produk III. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V-A SD Negeri Pacar, dengan pelaksanaan uji coba melalui dua tahap yaitu uji coba produk dengan 10 siswa, dan uji coba pemakaian dengan 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Ayo Sinau Wayang Pandhawa layak digunakan oleh siswa kelas V-A di SD Negeri Pacar. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 3,91 kategori layak, dan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 3,73 kategori layak. Respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan hasil uji coba kepada siswa yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 0,88 kategori layak. Uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 0,95 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba multimedia pembelajaran interaktif adalah layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52504

Actions (login required)

View Item View Item