PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA BERKESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) KELAS III DI SD NEGERI BANGUNREJO II KRICAK TEGALREJO YOGYAKARTA

Arifah, Hanif Nurul (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA BERKESULITAN MEMBACA (DISLEKSIA) KELAS III DI SD NEGERI BANGUNREJO II KRICAK TEGALREJO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Hanif Nurul Arifah_13105241060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa multimedia pembelajaran interaktif untuk keterampilan membaca permulaan yang layak bagi anak berkesulitan membaca (disleksia) kelas III di SD Negeri Bangunrejo 2. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Langkah yang ditempuh meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Bangunrejo 2, pelaksanaan uji coba melalui 2 tahap yaitu uji coba produk yang melibatkan 2 subjek, dan uji coba pemakaian yang melibatkan 3 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif untuk keterampilan membaca permulaan bagi anak berkesulitan membaca (disleksia) dinyatakan layak. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 3,27 kategori layak, penilaian ahli materi 1 memperoleh rata-rata skor 3,88 kategori layak, penilaian ahli materi 2 memperoleh rata-rata skor 3,61 kategori layak, uji coba produk memperoleh skor rata-rata 0,92 kategori layak dan pada uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba multimedia pembelajaran interaktif tersebut adalah layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52501

Actions (login required)

View Item View Item