PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TEMON KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO

Kridolaksono, Adityas Krityan (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BIDANG STUDI MATEMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TEMON KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Adityas Kristyan Kridolaksono_13105241047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan musik dan suasana belajar yang saling memberdayakan dalam model pembelajaran Quantum Teaching mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Temon, 2) pemanfaatan ikon-ikon sugestif dan “stasiun-staiun kecerdasan” dalam model pembelajaran Quantum Teaching mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Temon, 3) penggunaan bahasa yang unggul dan penyajian materi pelajaran yang prima dalam model pembelajaran Quantum Teaching mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Temon. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas pola kolaboratif menggunakan model siklus Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Temon. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini adalah skor aktivitas belajar siswa, rata-rata nilai prestasi belajar siswa dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dengan menggunakan musik dan suasana yang saling memberdayakan, pemanfaatan ikon-ikon sugestif dan “stasiun-staiun kecerdasan” serta penggunaan bahasa yang unggul dan penyajian materi pelajaran yang prima dalam pembelajar matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari 10,75 menjadi 15,5, dan masuk kategori aktif rata-rata nilai prestasi 77,00 dan ketuntasan belajar sebesar 84,75%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Temon, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:27
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52500

Actions (login required)

View Item View Item