PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUKU (PUZZLE KUBUS) SEBAGAI PENGENALAN PANCASILA DAN NILAI-NILAINYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II-B SD NEGERI DERESAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN

Ernawan, Ernawan (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUKU (PUZZLE KUBUS) SEBAGAI PENGENALAN PANCASILA DAN NILAI-NILAINYA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS II-B SD NEGERI DERESAN CATURTUNGGAL DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ernawan_13105241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa Alat Permainan Edukatif PUKU (Puzzle Kubus) yang layak untuk mata pelajaran PKn dengan materi pengenalan pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Penelitian dilakukan menggunakan model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-B SD Negeri Deresan. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan data hasil dari validasi materi dan ahli media menyatakan media PUKU layak dan siap untuk diujicobakan. Hasil ujicoba lapangan awal menunjukkan skor rata-rata 1,84 dari 2 tergolong kategori layak. Hasil ujicoba lapangan utama menunjukkan skor ratarata 1,87 dari 2 tergolong kategori layak. Hasil ujicoba lapangan operasional menunjukkan skor rata-rata 1,87 dari 2 tergolong kategori layak. Hasil yang telah didapatkan tersebut menunjukkan media APE PUKU dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52495

Actions (login required)

View Item View Item