PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF MATA KULIAH PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNY

Nurhayati, Dian (2017) PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL INTERAKTIF MATA KULIAH PENGEMBANGAN E-LEARNING PADA MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DIAN NURHAYATI_13105241004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan E-Learning yang layak pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan Alessi & Trollip, kemudian untuk menentukan jumlah responden, peneliti mengadopsi tahap evaluasi formatif dari Atwi Suparman. Langkah-langkah penelitian pengembangan meliputi (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan yang dikolaborasikan dengan tahap perencanaan (planning) dari Alessi & Trollip, (c) pengembangan produk awal yang dikolaborasikan dengan tahap perancangan (design) dan pengembangan (development) dari Alessi & Trollip, (d) uji coba lapangan awal, (e) revisi produk utama, (f) uji coba lapangan utama, (g) revisi produk operasional, (h) uji coba lapangan operasional, (g) revisi produk akhir. Uji coba produk dilakukan oleh dosen sebagai ahli materi dan ahli media kemudian oleh mahasiswa sebagai sasaran produk. Uji coba produk kepada mahasiswa dilakukan melalui 3 tahap, yaitu uji coba lapangan awal kepada 3 mahasiswa, uji coba lapangan utama kepada 8 mahasiswa, dan uji coba lapangan operasional kepada 13 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi sebesar 3,16 (kategori layak) dan pada ahli media sebesar 3,09 (kategori layak). Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 0,77 (kategori layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 0,94 (kategori layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 0,97 (kategori layak).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52494

Actions (login required)

View Item View Item