PEMANFAATAN WEBSITE ISIGOOD.COM SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS NON-KURIKULER DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fajar, Ade Ibnu (2017) PEMANFAATAN WEBSITE ISIGOOD.COM SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS NON-KURIKULER DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ade Ibnu Fajar_12105241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan website Isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler oleh para pembacanya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Partisipan penelitian adalah pembaca website Isigood.com yang berjumlah 400 orang. Data primer diambil menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah dimanfaatkan secara optimal. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian pemanfaatan website Isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler sebesar 76,8% yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil tersebut dapat diperinci dengan data sebagai berikut. (1) pemanfaatan website Isigood.com oleh pembaca sebesar 73,4%. (2) sumber belajar mendukung atau memudahkan proses belajar sebesar 79,8%. (3) ekonomis sebesar 79,8%. (4) praktis dan sederhana sebesar 72,2%. (5) mudah diperoleh sebesar 73,8%. (6) fleksibel atau kompatibel sebesar 82,3%. (7) relevan sebesar 76,9%. (8) efisien dan efektif sebesar 67,3%. (9) memiliki nilai positif sebesar 81,7%. (10) sesuai dengan interaksi dan strategi sebesar 74,3%. (11) sumber belajar dapat memotivasi sebesar 74,3%. (12) sumber belajar untuk tujuan pengajaran sebesar 77,9%. (13) sumber belajar untuk memecahkan masalah sebesar 79,3%. (14) sumber belajar untuk presentasi sebesar 80,4%. (15) non-kurikuler sebesar 80,1%. Hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan website Isigood.com sebagai sumber belajar berbasis non-kurikuler di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52492

Actions (login required)

View Item View Item