PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK YANG MEMILIKI KETERLAMBATAN WICARA DI KB-TK LABORATORI PEDAGOGIA YOGYAKARTA

Sutanto, Eggi (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK YANG MEMILIKI KETERLAMBATAN WICARA DI KB-TK LABORATORI PEDAGOGIA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Eggi Sutanto_13105241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk anak yang memiliki keterlambatan wicara di KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Pendekatan penelitian menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dengan ahli materi dan ahli media, revisi produk I, uji coba produk, revisi produk II, uji coba pemakaian, dan revisi produk III. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas TK A KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta, dengan pelaksanaan uji coba melalui dua tahap yaitu uji coba produk dengan 2 subjek, dan uji coba pemakaian dengan 3 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan untuk anak yang memiliki keterlambatan wicara di KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan oleh anak keterlambatan wicara di KB-TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 3,62 kategori layak, dan hasil validasi oleh dua ahli materi memperoleh skor ratarata 3,54 kategori layak. Respon siswa terhadap multimedia pembelajaran interaktif berdasarkan hasil uji coba kepada anak yaitu pada uji coba produk memperoleh skor rata-rata 0,69 kategori layak. Dan uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 1 kategori layak. Hasil keseluruhan uji coba multimedia pembelajaran interaktif adalah layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52491

Actions (login required)

View Item View Item