PENGEMBANGAN ALAT PERAGA EDUKATIF MISBILBUL ( MISTAR BILANGAN BULAT ) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS IV DI SDN GOLO, UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, YOGYAKARTA

Andrianto, Rangga (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA EDUKATIF MISBILBUL ( MISTAR BILANGAN BULAT ) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK KELAS IV DI SDN GOLO, UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Rangga Andrianto_13105241008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari pengembangan penelitian ini adalah menghasilkan alat peraga edukatif “Misbibul” yang layak digunakan untuk mata pelajaran Matematika pada pokok pembahasan operasi hitung bilangan bulat kelas IV SDN Golo Umbulharjo, Yogyakarta. Pengembangan Alat Peraga Edukatif Misbilbul mata pelajaran Matematika ini menggunakan penelitian pengembangan model Borg and Gall (Development and Research) yang dimodifikasi oleh Sugiyono, yaitu: 1) potensi dan masalah 2) pengumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji pemakaian 9) revisi produk. Subyek uji coba penelitian dari Alat Peraga Edukatif Misbilbul adalah siswa kelas IV SDN Golo Umbulharjo Kota Yogyakarta, Yogyakarta. Media diuji cobakan kepada subyek uji coba sebanyak 2 tahap,yaitu tahap uji coba produk dan uji coba pemakaian. Tahap uji coba produk dilaksanakan oleh 3 siswa, uji coba pemakaian melibatkan 27 siswa. Metode dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, ditinjau dari validasi materi mendapatkan perolehan skor 48 dengan rerata skor 4,8 dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media mendapatkan perolehan skor 90 dengan rerata skor 4,5 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil penelitian ditinjau dari tahap uji coba produk, uji coba produk dinyatakan hasil penelitian dinyatakan “Layak” sebanyak 92%, uji pemakaian dinyatakan “Layak” sebanyak 97%. Alat Peraga Edukatif Misbilbul dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Matematika, pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat untuk dijadikan penunjang dalam belajar siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52488

Actions (login required)

View Item View Item