MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN TEMANGGUNG

Amalia, Firda (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SD SUNGGINGSARI PARAKAN TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Firda Amalia_10105244040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Inkuiri Terbimbing di kelas IV SD Sunggingsari Parakan Temanggung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Sunggingsari kecamatan Parakan kabupaten Temanggung yang berjumlah 22 anak. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Pra siklus terdiri atas 2 pertemuan, siklus pertama terdiri atas 2 pertemuan, dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Sunggingsari adalah dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing. Penggunaan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Sunggingsari Parakan Temanggung. Hal tersebut ditunjukkan dari terjadinya peningkatan ketuntasan belajar peserta didik pada keadaan awal peserta didik sebanyak 4 peserta didik (18,18%), pada siklus I sebanyak 12 peserta didik (54,54%), dan pada siklus II sebanyak 22 peserta didik (100,00%). Perencanaan perbaikan pada siklus II yaitu (1) pada langkah merumuskan hipotesis, guru memberi waktu pada peserta didik untuk merumuskan jawaban sementara atas permasalahan uang diajukan guru, sehingga peserta didik terdorong untuk mengajukan jawaban sementara dengan percaya diri; (2) pada langkah mengumpulkan data, guru memformat tempat duduk dengan posisi guru berada ditengah-tengah diantara kelompok peserta didik pada pertemuan pertama dan pada pertemuan kedua, guru membagi menjadi empat kelompok dan sebagian kelompok berada di luar kelas; (3) pada langkah menguji hipotesis, guru memerintah peserta didik agar setiap kelompok mempersiapkan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil percobaanya. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus I memiliki nilai mean sebesar 53,64; Capaian nilai rata-rata pada pra siklus ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 68,64; dan capaian nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II memiliki nilai mean sebesar 86,36.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 06:22
Last Modified: 28 Aug 2017 06:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52485

Actions (login required)

View Item View Item