STUDI TENTANG KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Gunawan, Rahmat Dwi (2017) STUDI TENTANG KOMPETENSI WIDYAISWARA DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Rahmat Dwi Gunawan_13105241026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kompetensi widyaiswara dalam mengelola pembelajaran di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) faktor pendukung dan penghambat widyaiswara dalam mengelola pembelajaran di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu widyaiswara dan pengelola DIKLAT di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini antara lain: 1) GBPP dan SAP yang disusun oleh widyaiswara berisi nama Diklat hingga metode pembelajaran yang akan digunakan, bahan ajar yang digunakan widyaiswara sebagian besar berasal dari pusat, penerapan pembelajaran orang dewasa disesuaikan dengan durasi waktu Diklat yang tersedia, bentuk komunikasi yang biasa dilakukan widyaiswara dengan peserta Diklat adalah dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui pemahaman serta menjaga partisipasi belajar, pemberian motivasi semangat belajar pada peserta Diklat lebih banyak diarahkan pada motivasi intrinsik, dan evaluasi Diklat yang digunakan widyaiswara adalah evaluasi proses; 2) faktor pendukung yang menunjang kompetensi widyaiswara dalam mengelola pembelajaran adalah berupa fasilitas yang diberikan dari lembaga. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari penyusunan jadwal pelaksanaan Diklat yang terkadang mendadak dan memaksa widyaiswara megatur jadwal ulang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52479

Actions (login required)

View Item View Item