PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CATUR TUNGGAL 7

Utami Niati, Diyah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI CATUR TUNGGAL 7. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Diyah Utami Niati_12105241006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Catur Tunggal 7 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data hasil observasi diolah dengan analisis kualitatif, sedangkan data hasil tes diolah dengan analisis kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Catur Tunggal 7 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan keaktifan siswa sebesar 11,03%. Penilaian keaktifan siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase keseluruhan 62,68%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase keseluruhan sebesar 73,71%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa, pada siklus I diperoleh nilai sebesar 62% (16 siswa) dan mengalami peningkatan 15% pada siklus II menjadi 77% (20 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 28 Aug 2017 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52476

Actions (login required)

View Item View Item