Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Asam Basa Siswa SMA.

Erawati, Erawati (2017) Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Asam Basa Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erawati-15728251023.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran learning cycle 7E terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep asam basa siswa SMA. Pembelajaran Learning Cycle 7E merupakan model pembelajaran dengan 7 tahapan yaitu elicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, extend. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekaperimen dengan menggunakan desain randomize pretest posttest control group. Penelitian ini laksanakan dari bulan Januari sampai Februari 2017. Populasi penelitaian ini yaitu kelas XI SMA Taruna Nusantara Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 dengan pembalajaran direct instruction (kelas kontrol) dan XI-MIPA 4 dengan Learning Cycle 7E (kelas eksperimen). Data dikumpulkan dengan metode tes untuk pemahaman konsep materi asam basa dan observasi serta angket (triangulasi data) untuk aktivitas belajar. Uji validitas soal pemahaman konsep dihitung dengan rumus korelasi product moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan yaitu metode Kuder-Richardson. Hipotesis diuji dengan Manova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh pembelajaran learning cycle 7E terhadap aktivitas belajar siswa SMA pada pembelajaran materi asam basa, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 169,012 dengan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), 2) terdapat pengaruh pembelajaran learning cycle 7E terhadap pemahaman konsep asam basa siswa SMA pada pembelajaran materi asam basa, yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 21,533 dengan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), 3) terdapat pengaruh pembelajaran learning cycle 7E terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep asam basa siswa SMA pada pembelajaran materi asam basa, yang berarti bahwa learning cycle 7E memengaruhi aktivitas belajar dan pemahaman konsep asam basa siswa SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Learning cycle 7E, Pemahaman Konsep, Aktivitas Belajar, Asam Basa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Aug 2017 02:17
Last Modified: 09 May 2019 08:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52471

Actions (login required)

View Item View Item