PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Sari, Puspita and Retnowati, Endah (2017) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. S1 thesis, UNY.

[img] Text
abstrak_INGGRIS..docx

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
cover_daftar lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujikan enam hipotesis, bahwa terdapat: (1) perbedaan pengaruh strategi kelompok dengan strategi individu dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, (2) perbedaan pengaruh kemampuan awal dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, (3) interaksi antara strategi pengelompokan dengan kemampuan awal terhadap pencapaian hasil belajar kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, (4) perbedaan pengaruh strategi kelompok dengan strategi individu dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, (5) perbedaan pengaruh kemampuan awal dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, dan (6) interaksi antara strategi pengelompokan dengan kemampuan awal terhadap pencapaian hasil belajar kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi. Pengujian keenam hipotesis ini ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment.Instrumen yang digunakan berupates uraian untuk mengukur kemampuan awal dan mengukur kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi dan tingkat rendah.Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA.Teknik sampling yang dilakukan convenience sampling. Jumlah sampel sebanyak 64 orang siswa dari dua kelas VIII pada sebuah SMP Negeri di Kabupaten Purworejo yang belum pernah mendapat masalah konteks yang kompleks terhadap materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil yang diperoleh adalah: (1) terdapat perbedaan pengaruh strategi pengelompokan dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, dimana strategi kelompok lebih baik dibandingkan dari strategi individu. Nilai rata-rata strategi kelompok lebih tinggi dari pada strategi individu, (2) terdapat perbedaan pengaruh kemampuan awal dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah,dan (3) terdapat perbedaan pengaruh strategi pengelompokan dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan awal, pendekatan problem posing, dan kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 18 Sep 2017 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52470

Actions (login required)

View Item View Item