Sari, Puspita and Retnowati, Endah (2017) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
abstrak_INGGRIS..docx Download (17kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (174kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
![]() |
Text
cover_daftar lampiran2.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengujikan enam hipotesis, bahwa terdapat: (1) perbedaan pengaruh strategi kelompok dengan strategi individu dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, (2) perbedaan pengaruh kemampuan awal dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, (3) interaksi antara strategi pengelompokan dengan kemampuan awal terhadap pencapaian hasil belajar kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, (4) perbedaan pengaruh strategi kelompok dengan strategi individu dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, (5) perbedaan pengaruh kemampuan awal dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, dan (6) interaksi antara strategi pengelompokan dengan kemampuan awal terhadap pencapaian hasil belajar kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi. Pengujian keenam hipotesis ini ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment.Instrumen yang digunakan berupates uraian untuk mengukur kemampuan awal dan mengukur kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi dan tingkat rendah.Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA.Teknik sampling yang dilakukan convenience sampling. Jumlah sampel sebanyak 64 orang siswa dari dua kelas VIII pada sebuah SMP Negeri di Kabupaten Purworejo yang belum pernah mendapat masalah konteks yang kompleks terhadap materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Hasil yang diperoleh adalah: (1) terdapat perbedaan pengaruh strategi pengelompokan dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah, dimana strategi kelompok lebih baik dibandingkan dari strategi individu. Nilai rata-rata strategi kelompok lebih tinggi dari pada strategi individu, (2) terdapat perbedaan pengaruh kemampuan awal dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah,dan (3) terdapat perbedaan pengaruh strategi pengelompokan dalam pembelajaran problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan awal, pendekatan problem posing, dan kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 18 Sep 2017 01:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |