FAKTOR-FAKTORPENYEBAB KESULITAN BELAJAR DALAM MENGIKUTIMATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Farida, Aryani (2017) FAKTOR-FAKTORPENYEBAB KESULITAN BELAJAR DALAM MENGIKUTIMATA PELAJARAN PEMBUATAN POLA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Farida Aryani_13513241038.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel meliputi sikap terhadap belajar, motivasi, minat dan kesehatan; (2) faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar dalam mengikuti mata pelajaran Pembuatan Pola Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Tempel meliputi lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 hingga Mei 2017 yang bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala guttman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif denganprosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah sebagai berikut: indikator minat sebesar 77,28%, indikator kesehatan sebesar 13,63%, indikator sikap terhadap belajar sebesar 9,09%. (2) Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar adalah indikator keluarga sebesar 50,00%, indikator sekolah sebesar 44,74%, sedangkan indikator masyarakat sebesar 5,26%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, pembuatan pola, siswa SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Aug 2017 03:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52467

Actions (login required)

View Item View Item