Pengembangan Media Virtual Chemistry Laboratory Berbasis HTML 5 Terintegrasi Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA.

Kurnia, Desy Tri (2017) Pengembangan Media Virtual Chemistry Laboratory Berbasis HTML 5 Terintegrasi Hybrid Learning untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desy-tri-kurnia-15728251025.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik media Virtual Chemistry Laboratory (VirChem-Lab) berbasis HTML 5 terintegrasi dalam Hybrid Learning pada materi hidrolisis garam untuk peserta didik XI SMA; (2) kriteria kualitas media tersebut; dan (3) perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA yang menggunakan media VirChem-Lab berbasis HTML 5 dengan pembelajaran tanpa menggunakan media VirChem-Lab berbasis HTML 5 pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian mengadaptasi prosedur penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Tahap pengembangan melibatkan 1 ahli materi dan 1 ahli media sebgai validator draf produk awal. Penilaian produk melibatkan 33 pendidik kimia SMA di D.I. Yogyakarta dan Kab. Serang, serta 10 peer reviewer. Uji coba awal melibatkan 15 peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan dan uji coba terbatas melibatkan 40 peserta didik kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta. Uji coba lapangan melibatkan 68 peserta didik SMA Negeri 4 Yogyakarta yang dibagi atas kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, angket kemandirian belajar, lembar observasi kemandirian, dan soal tes hasil belajar. Analisis pengaruh media VirChem-Lab berbasis HTML 5 terintegrasi dalam Hybrid Learning terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik media VirChem-Lab berbasis HTML 5 adalah media yang mendukung pembelajaran kimia dan praktis digunakan dalam kegiatan praktikum pada materi hidrolisis garam, media dapat digunakan di dalam maupun di luar sekolah, dan media menyajikan penjelasan materi, contoh soal, simulasi praktikum, dan latihan soal yang menarik serta interaktif. (2) Kualitas media VirChem-Lab berbasis HTML 5 yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, peer reviewer, pendidik dan peserta didik. (3) Terdapat Perbedaan peningkatan kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta yang menggunakan media VirChem-Lab berbasis HTML 5 dengan pembelajaran tanpa menggunakan media tersebut pada materi Hidrolisis Garam.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Virtual Chemistry Laboratory, HTML 5, Hybrid Learning, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Hidrolisis Garam.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:26
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52453

Actions (login required)

View Item View Item