LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2013 SMA PIRI 1 YOGYAKARTA

Yohana Dian, Yohana Dian (2013) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY 2013 SMA PIRI 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
BAB I, BAB II, BAB III fix.rtf

Download (388kB)
[img] Text
Cover ppl fix.rtf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.rtf

Download (104kB)
[img] Text
PENGESAHAN fix.rtf

Download (101kB)
[img] Text
ADMINISTRASI GURU.doc

Download (63kB)
[img] Text
BERITA ACARA.rtf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR HADIR SISWA.rtf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR NILAI XB.doc

Download (78kB)
[img] Text
FORMAT OBSERVASI SEKOLAH.doc

Download (82kB)
[img] Text
FOTO.doc

Download (519kB)
[img] Text
HASIL OBSERVASI KELAS.doc

Download (82kB)
[img] Text
JADWAL MENGAJAR SEKOLAH.doc

Download (36kB)
[img] Text
KALENDER AKADEMIK.doc

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN DANA.doc

Download (155kB)
[img] Text
Laporan Mingguan PPL.rtf

Download (2MB)
[img] Text
MATRIKS MINGGUAN.doc

Download (177kB)
[img] Text
Lembar Kerja Siswa 1.doc

Download (31kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.doc

Download (61kB)
[img] Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1.doc

Download (61kB)
[img] Text
LKS 2.doc

Download (25kB)
[img] Text
RPP 2.doc

Download (58kB)
[img] Text
Kunci.docx

Download (11kB)
[img] Text
LKS 3.doc

Download (29kB)
[img] Text
RPP 3.doc

Download (58kB)
[img] Text
LKS 4.docx

Download (12kB)
[img] Text
RPP 4.doc

Download (61kB)
[img] Text
Kunci.doc

Download (355kB)
[img] Text
LKS 5.doc

Download (416kB)
[img] Text
RPP 5.doc

Download (58kB)
[img] Text
LKS 6.doc

Download (2MB)
[img] Text
RPP 6.doc

Download (50kB)
[img] Text
LKS 7.doc

Download (1MB)
[img] Text
RPP 7.doc

Download (51kB)
[img] Text
LKS 8.doc

Download (1MB)
[img] Text
RPP 8.doc

Download (52kB)

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh dalam setiap jenjang S-1 kependidikan. PPL yang berhubungan langsung dengan peserta didik merupakan implementasi nyata dari mata kuliah Micro Teaching yang telah diajarkan dan merupakan tempat untuk menerapkan dan mentransfer ilmu yang selama ini telah dipelajari. Sebelum pelaksanaan PPL, dilaksanakanlah pembekalan PPL agar mempunyai gambaran dalam pelaksanaan PPL di sekolah. Selain itu, mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan observasi proses pembelajaran di kelas sebelum penerjunan PPL, yaitu beberapa bulan sebelumnya. Observasi pra-PPL menyangkut perangkat pembelajaran (meliputi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, silabus, dan RPP), proses pembelajaran (meliputi cara membuka pelajaran, menyajikan materi, metode pembelajaran, penggunaan bahasa, penggunaan waktu, gerak, cara memotivasi siwa, teknik bertanya, teknik penguasaan kelas, penggunaan media, bentuk dan cara evaluasi, serta menutup pelajaran), dan perilaku siswa, baik di dalam maupun di luar kelas. Dalam pelaksanaan PPL, penulis mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahliannya yaitu Bahasa Inggris. Pembagian jadwal mengajar disesuaikan dengan jumlah guru masuk kelas tiap kelasnya. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa rencana pembelajaran dan pembuatan media yang sesuai dan memang dibutuhkan dalam usaha memperlancar proses belajar mengajar. Model rencana pembelajaran disesuaikan dengan permintaan lapangan. Hal ini dimaksudkan supaya lebih mudah dalam implementasinya serta mampu menyesuaikan dengan konteks, karena itulah tuntutan untuk menjadi guru, bukan hanya sekedar formalitas melainkan lebih kepada integrasi situasi dalam lingkungan kependidikan. Semua kegiatan PPL secara keseluruhan dapat dilaksanakan oleh penulis. Kegiatan PPL menyangkut observasi dalam kelas, mengajar, dan evaluasi. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak 8 kali di kelas X B yang dimulai pada tanggal 19 Juli sampai dengan 14 September 2013 dengan kegiatan tatap muka sebanyak 2 kali pertemuan tiap minggu. Setiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran (satu jam pelajaran adalah 45 menit, di bulan Ramadhan, satu jam pelajaran adalah 30 menit). Sebelumnya penulis membuat persiapan (perangkat pembelajaran) yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan Praktik Pengalaman Lapangan ini penulis mendapat pengalaman dalam pembelajaran secara nyata di dalam kelas beserta permasalahan kependidikan di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:04
Last Modified: 01 Oct 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52450

Actions (login required)

View Item View Item