LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KESISWAAN MELALUI PENDATAAN SISWA BERPRESTASI DI SMK SE-KABUPATEN BANTUL

Ida Fitria Apriani, Ida Fitria Apriani (2013) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KESISWAAN MELALUI PENDATAAN SISWA BERPRESTASI DI SMK SE-KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
COVER LAP PPL.docx

Download (37kB)
[img] Text
KARTU BIMBINGAN PPL DI LOKASI.docx

Download (30kB)
[img] Text
LAMPIRAN PPL 1.docx

Download (47kB)
[img] Text
LAMPIRAN PPL 2.docx

Download (723kB)
[img] Text
LAMPIRAN PPL 3.docx

Download (908kB)
[img] Text
LAPORAN PPL REVISI.docx

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
MATRIKKK PPL.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Program PPL adalah program praktik pengalaman lapangan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang akademik sebagai wujud implementasi dari teori-teori yang diperoleh dari proses pembelajaran di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah pengembangan kompetensi yang dimiliki mahasiswa untuk diaplikasikan ke dunia kerja (lapangan). . Program yang dilaksanakan adalah berkaitan dengan pendataan siswa berprestasi. Tujuan dari dilaksanakannya program PPL adalah untuk membantu kelancaran kinerja dan program yang dijalankan di Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul. Lokasi kegiatan PPL berada di Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul tergolong strategis karena berada satu kompleks dengan dinas-dinas lain yang terletak di Komplek II , Kantor Pemda Bantul, Jl. Lingkar Timur Manding Trirenggo Bantul. Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul terdiri dari 19 ruangan diantaranya ruang kepala dinas, ruang sekretaris, sub bagian umum, sub bagian keuangan, sub bagian kepegawaian, bidang dikmentas, bidang dikmenjur, bidang PNF, bidang bina program, ruang pengawas TK, Ruang pengawas SMA dan SMK, mushola, ruang rapat, dapur dan ruang komputer. Struktur organisasi Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul terdiri dari Kepala Dinas, Sekretariat (Sekretaris Dinas, Ka. Sub. Bagian Umum dan Bina Program, Ka. Sub. Bagian Keuangan, Ka. Sub. Bagian Kepegawaian). Kelompok jabatan fungsional yang meliputi Bidang PAUD, Bidang Pendidikan Menengah Atas, Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan, dan Bidang Pendidikan Nonformal. Dari keseluruhan sub-sub bagian tersebut, penempatan kegiatan PPL di bidang Pendidikan Menengah dan Non Fornal. Pada dasarnya kegiatan PPL terbagi ke dalam 2 kategori yaitu program utama dan penunjang. Namun banyaknya program yang dilaksanakan lembaga khususnya bidang Pendidikan Menengah Kejuruan, program PPL bertambah menjadi 3 program untuk program tambahan. Hal tersebut didasari pada keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan program-program tersebut. Hasil dari program PPL adalah grafik yang menggambarkan tentang perkembangan prestasi dari tahun ajaran 2010/2011-2012/2013. Secara keseluruhan hasil dari pendataan berupa informasi-informasi prestasi siswa yang berisi tentang nama siswa berprestasi, jurusan, tempat tanggal lahir, agama, jenis kelamin, alamat siswa, asal sekolah, juara, bidang kejuaraan dan tingkat prestasi. Program dapat dikatakan berhasil jika dilihat dari target lembaga yang hanya 30% karena melihat dari segi waktu dan pengalaman program pendataan yang kurang berhasil dalam jangka waktu yang tersebut. Jumlah yang ditargetkan 50% dari 44 SMK adalah 22 SMK. Sedangkan data sekolah yang masuk sekitar 19 SMK. Itu artinya keberhasilan program mencapai kurang lebih 95% .

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: siswa berprestasi, sistem informasi kesiswaan, pendataan
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Aug 2017 04:43
Last Modified: 01 Oct 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52442

Actions (login required)

View Item View Item