HUBUNGAN ANTARA GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL KONKRET, ACAK

Murikhatu, Tholhah (2010) HUBUNGAN ANTARA GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL KONKRET, ACAK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN_ANTARA_GAYA_BERPIKIR_SEKUENSIAL_KONKRET,_ACAK.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam gaya berpikir yang dimiliki oleh siswa serta ada tidaknya hubungan yang signifikan antara gaya berpikir sekuensial konkret, acak konkret, sekuensial abstrak, dan acak abstrak balk secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2004/2005. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2004/2005 `sebanyak 288 siswa. Sampel yang diambil adalah 152 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes prestasi belajar kimia kelas X semester 1. Analisis data untuk macam-macam gaya berpikir dilakukan secara deskriptif yaitu dengan persentase jumlah siswa yang memiliki gaya berpikir tertentu. Analisis data mengenai ada tidaknyz hubungan antara gaya berpikir sekuensial konkret, acak konkret, sekuensial abstrak, dan acak abstrak dengan prestasi belajar kimia dilakukan menggunakan analisis regresi empat prediktor. Hasil analisis regresi empat prediktor memberikan hasil nilai Ry1,2,3,a = 0,159 dengan Fh;t = 1,721 (p = 0,147). Hasil analisis regresi parsial jenjang ketiga memberikan hasil r,}_,',3,4 = 0,012 (p = 0,879); rZy_1,3,a = 0,021 (p = 0,796); r;}._1,2,,, = 0,024 (p = 0,766); dan r4y_1,2,3 = 0,007 (p = 0,929). Berdasarkan perhitungan persentase gaya berpikir siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret adalah 12,50%; gaya berpikir acak konkret adalah 5,92%; gaya berpikir sekuensial abstrak 16,45%; gaya berpikir acak abstrak sebanyak 53,95%; dan gaya berpikir kombinasi adalah 11,18%. Berdasarkan hasil analisis regresi empat prediktor dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya berpikir sekuensial konkret, acak konkret, sekuensial abstrak, dan acak abstrak baik secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri dengan prestasi belajar kimia siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Magelang tahun ajaran 2004/2005.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5244

Actions (login required)

View Item View Item