Pembuatan Aplikasi Worked Example Mekanika Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Trigonometri dan Interpretasi Diagram Bebas Fisika.

Kurniawan, Yohanes (2017) Pembuatan Aplikasi Worked Example Mekanika Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Trigonometri dan Interpretasi Diagram Bebas Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yohanes-kurniawan-15726251032.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji kelayakan aplikasi pembelajaran worked example mekanika berbantuan android baik materi, media, keterbacaan aplikasi maupun item-item soal, serta (2) menguji efektivitas aplikasi dalam meningkatkan kemampuan trigonometri dan interpretasi diagram bebas fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah model pengembangan ADDIED dengan tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, tahap evaluasi dan tahap penyebaran produk. Kelayakan produk ini ditinjau dari kelayakan materi, media, uji coba keterbacaan produk, uji coba item soal, dan kelayakan instrumen evaluasi. Uji coba produk dilakukan di MAN I Yogyakarta, SMAN 2 Kupang, SMAN 3 Kupang, dan SMA Timpolmas Kupang. Subjek yang terlibat adalah, 9 orang ahli materi, 9 orang ahli media dan 37 siswa kelas XI SMAN untuk uji coba terbatas dan 67 siswa untuk uji coba luas serta 316 siswa untuk uji coba item soal. Pengumpulan data dilakukan dengan angket penilaian kualitas produk, dan tes kemampuan trigonometri dan interpretasi diagram bebas gaya. Teknis analisis data untuk menguji kelayakan produk terdiri dari formula V Aiken, Skala Baku, ICC, Quest, sedangkan untuk menguji efektivitas aplikasi menggunakan Anava Mixed Design pada General Linear Model dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Aplikasi dikembangkan dan dinyatakan layak dari segi materi, media, item soal dan keterbacaan aplikasi. Kelayakan materi dan media ditentukan oleh analisis data menggunakan formula V Aiken dengan nilai berkisar dari 0,8 sampai 0,9. Kelayakan item soal ditentukan oleh analisis menggunakan formula V Aiken dengan nilai 0,7 sampai 1, dan reliabilitas item soal ditentukan dengan menggunakan IRT (Item Response Theory) dengan nilai -1,8 sampai 1,75. Tingkat keterbacaan terhadap aplikasi oleh peserta didik berdasarkan indeks kategori, berkisar dari 4,27 sampai 4,58. (2) Uji efektivitas menggunakan anava mixed design menghasilkan nilai partial etha square sebesar 0,714 untuk kelas eksperimen dan 0,50 untuk kelas kontrol pada kemampuan trigonometri, sedangkan pada kemampuan interpretasi diagram bebas sebesar 0,692 untuk kelas eksperimen dan 0,435 untuk kelas kontrol. Oleh sebab itu, berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa aplikasi worked example mekanika secara efektif dapat meningkatkan kemampuan matematis yakni kemampuan trigonometri dan interpretasi diagram bebas siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: android, interpretasi diagram bebas, trigonometri, worked example mekanika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:19
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52438

Actions (login required)

View Item View Item