Pengembangan Physcis Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Sikap Tanggung Jawab Siswa SMA.

Zaini, Muhammad (2017) Pengembangan Physcis Comprehensive Contextual Teaching Material (PhyCCTM) berbantuan Aplikasi Android untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Sikap Tanggung Jawab Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-zaini-15726251006.swf

Download (34MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan PhyCCTM berbantuan aplikasi android untuk meningkatkan HOTS dan sikap tanggung jawab siswa, (2) mengetahui peningkatan HOTS siswa menggunakan PhyCCTM berbantuan aplikasi android, (3) mengetahui peningkatan sikap tanggung jawab siswa menggunakan PhyCCTM berbantuan aplikasi android, dan (4) mengetahui perbedaan kemampuan HOTS dan tanggung jawab siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan yang diadaptasi dari model 4D yang terdiri dari empat tahap yakni tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Validasi isi dilakukan oleh empat dosen dan tujuh guru fisika. Uji terbatas dilakukan pada SMAN 3 Selong dan SMA NW Pancor dengan melakukan proses pembelajaran dan mengujikan produk yang dikembangkan. Uji coba luas dilakukan di SMAN 2 Selong, MAN Selong, SMAN 1 Masbagik, MA Mu’allimin Pancor, dan MA Mu’allimat Pancor. Setiap sekolah pada uji coba luas diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) PhyCCTM berbantuan aplikasi android layak digunakan untuk meningkatkan HOTS dan sikap tanggung jawab siswa SMA dengan kategori “baik”. (2) PhyCCTM berbantuan aplikasi android mampu meningkatkan HOTS siswa dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada uji terbatas. (3) PhyCCTM berbantuan aplikasi android dapat meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dengan kategori “sedang”. (4) Terdapat perbedaan HOTS dan sikap tanggung jawab sis yang menggungkan PhyCCTM berbantuan aplikasi android dan siswa yang menggunakan bahan ajar dari guru dengan nilai sig. sebesar 0,000 pada uji luas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PhyCCTM, higher order thinking skills, dan sikap tanggung jawab
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Aug 2017 02:29
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52435

Actions (login required)

View Item View Item