PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN METODE KONVESIONAL PADA MATERI SENAM LANTAI GULING DEPAN KELAS IV DI SD SINDUADI 1 DAN SD SENDANGADI 1 MLATI SLEMAN

Andi Pratikno, Dionysius Oktavian (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DENGAN METODE KONVESIONAL PADA MATERI SENAM LANTAI GULING DEPAN KELAS IV DI SD SINDUADI 1 DAN SD SENDANGADI 1 MLATI SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIONYSIUS OKTAVIAN ANDI PRATIKNO PGSD PENJAS 13604221019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Senam Lantai Guling Depan adalah salah satu materi yang ada di dalam kurikulum PJOK. Pembelajaran dengan cara kovensional dan monoton tanpa inovasi baru, membuat hasil belajar kurang maksimal. Berdasarkan observasi di beberapa sekolah, fasilitas media yang ada belum dimanfaatkan dengan maksimal untuk pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar senam lantai guling depan dalam pembelajaran menggunakan media audio visual dan metode konvensional. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan metode tes. Teknik pengambilan data menggunakan tes akhir pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dan tes pengetahuan dengan materi guling depan. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat analisis uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil uji t diperoleh nilai sig 0,004 kurang dari 0,005, dan t hitung 2,997 lebih besar dari t table 1,997. Data tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar senam lantai guling depan antara SD Sinduadi 1 yang menggunakan metode konvensional dan SD Sendangadi 1 yang menggunakan media audio visual. Dari hasil tes hasil belajar, pembelajaran yang menggunakan media audio visual hasilnya lebih baik daripada yang pembelajaran menggunakan metode konvensional atau media berbasis manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, senam lantai, guling depan, media audio visual, metode konvensional, media berbasis manusia.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Aug 2017 06:32
Last Modified: 24 Aug 2017 06:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52430

Actions (login required)

View Item View Item