PENERAPAN PENDEIKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWAKELAS XI SMA N 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2004/2005

Muntofiah, - (2010) PENERAPAN PENDEIKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISWAKELAS XI SMA N 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2004/2005. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENERAPAN_PENDEIKATAN_KETERAMPILAN_PROSES.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menJetahui dampalc dan tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan keters.rrnpilan proses menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran kimia. Pelaycsanaan pembelajaran kinria dengan pendekafa,n keterampilan proses melalui kegiatan e;ksperimen diha.rapkan dapat rnengembangkan keterampilan proses siswa dalam perolehan suutu konsep k:imia dan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi Laju Reaksi, Kesetimbangan Kimra dan harutan siswa kelas XI semester 1 dan 2 SMAN l Sleman. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan Was (Glassroota Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas XI 1PA3 SMAI`J l Sleman yang berjumlah 39 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakara dan setiap siklus tindakan terdiri dari beberapa langkah tindakan. Setiap siklu•tindakan terdiri dari perencanaan (Planning), tindakan dan pengamatan (.Acting and Observing), dan refleksi (Reflecting). Tindakan dilaksanakan menggunakan LKS sebagai media pembelajaran untuk: mengarahkan kegiatan eksperimen siswa. Setiap akhir tindakan diadakan refleksi untuk perbaikan siklus berikutnya. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut diperoleh data tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, keterampilan dan sikap siswa, aktivitas guru, serta hasit posttest siswa yang dicatat sebagai data kualiratif dan kemudian dia.nalisis secara deskriptif: Hasil perlelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran kimia sisma dapat nieningkatllan k:ualitas pewbelajaran kimia yang ditunjukkan dengan respon dan ak.tifitas positif siswa :;elama pembelajarafi berlangsung dan didukung eieh nilai rata-rata prest,:rsi siswa yang mengalami peningkatan dari siklus l sebesar 57,'70 menjadi 62,25 pada siklus 1. Siswa yang menyukai pembelajarann menggunakan pe:ndekatan keterampI.ilaa proses dengan metode elaperimen pada rna~~ri Laju F:eaksi sebanyak 76.67%, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi sebanyak 90,4b°,o, Faktor-faktor yang Mempengaruhi kesetimbangan Kimia sebunyak 91,46%, Perrentuan Larutan dengan p1-i meter sebanyak 95,50v;). Kurva "Titrasi sebanyak 89,72%, dan Penentuan I:adar Cuica sebanyak 8`>,22%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Jurusan Kimia
Date Deposited: 06 Sep 2012 14:30
Last Modified: 29 Jan 2019 16:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item