PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN WORKSHEET SISWA KELAS X AK 1 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Lidza Yuniar, Erwanda (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MENYUSUN WORKSHEET SISWA KELAS X AK 1 SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_LIDZA YUNIAR ERWANDA_13803241028.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Menyusun Worksheet Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X AK 1 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 17 siswa dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif, yaitu guru mata pelajaran akuntansi sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai pengamat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, lembar angket, soal tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor Motivasi Belajar Menyusun Worksheet, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan penilaian Hasil Belajar Menyusun Worksheet. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Menyusun Worksheet Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil observasi, skor rerata Motivasi Belajar Menyusun Worksheet dari sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) sebesar 73.16% meningkat sebesar 7.70% menjadi 80.86% di siklus I, selanjutnya pada siklus II diperoleh skor rerata sebesar 83.27% atau terjadi peningkatan sebesar 2.41%. Berdasarkan hasil angket, skor rerata Motivasi Belajar Menyusun Worksheet pada siklus I sebesar 76.17% dan pada siklus II sebesar 80.76% atau terjadi peningkatan sebesar 4.59%. (2) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan Hasil Belajar Menyusun Worksheet Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017, hal ini dibuktikan bahwa nilai rerata kelas meningkat sebesar 7.57 dengan nilai rerata post test siklus I sebesar 77.30 dan rerata post test siklus II sebesar 84.87. Apabila dilihat dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada hasil post test siklus I menunjukkan siswa yang tuntas yaitu 11 dari 16 siswa atau 68.75% dan pada hasil post test siklus II meningkat menjadi 94.11% atau 16 dari 17 siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TAI, Motivasi Belajar Menyusun Worksheet, Hasil Belajar Menyusun Worksheet.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 24 Aug 2017 02:04
Last Modified: 30 Jan 2019 14:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52429

Actions (login required)

View Item View Item