PENGARUH LATIHAN MEMANTULKAN BOLA SEPAK KE TEMBOK DAN MENGGUNAKAN BOLA TENIS TERHADAP KECEPATAN REAKSI PENJAGA GAWANG SSO REAL MADRID FOUNDATION UNY YOGYAKARTA

Arbai, Arbai (2017) PENGARUH LATIHAN MEMANTULKAN BOLA SEPAK KE TEMBOK DAN MENGGUNAKAN BOLA TENIS TERHADAP KECEPATAN REAKSI PENJAGA GAWANG SSO REAL MADRID FOUNDATION UNY YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARBAIN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecepatan reaksi penjaga gawang di SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Memantulkan Bola Sepak Ketembok dan Menggunakan Bola Tenis terhadap Kecepatan Reaksi Penjaga Gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan mengunakan desain penelitian Two-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta, adapun Sampel pada penelitian ini adalah Seluruh Penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta yang berjumlah 12 penjaga gawang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan adalah whole body reaction test dengan tingkat validitas dan realibilitas sebesar 0,93 dan 0,607. Untuk menganalisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan memantulkan bola sepak ketembok terhadap kecepatan reaksi penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 0,047 dan rerata treatment 1 sebesar 0,3090 hal ini menunjukkan bahwa latihan memantulkan bola ke tembok lebih baik memberikan kontribusi terhadap peningkatan kecepatan reaksi penjaga gawang sebesar 15,34%. Sedangkan pengaruh latihan menggunakan bola tenis terhadap kecepatan reaksi penjaga gawang SSO Real Madrid Foundation UNY Yogyakarta terdapat pengaruh yang signifikan. Apabila dilihat dari angka Mean Difference sebesar 0,031 dan rerata treatment 2 sebesar 0,3040 hal ini menunjukkan bahwa latihan menggunakan bola tenis memberikan kontribusi terhadap peningkatan kecepatan reaksi penjaga gawang sebesar 10,10%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan reaksi, penjaga gawang, latihan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:46
Last Modified: 24 Aug 2017 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52421

Actions (login required)

View Item View Item