KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KUDA-KUDA PANJANG DAN PENDEK PADA KECEPATAN TENDANGANDOLLYO CHAGI SISWA EKSTRAKURIKULER TAE KWON DO SMP N 2 GAMPING

Pratiwi, Galang Putri (2017) KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KUDA-KUDA PANJANG DAN PENDEK PADA KECEPATAN TENDANGANDOLLYO CHAGI SISWA EKSTRAKURIKULER TAE KWON DO SMP N 2 GAMPING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GALANG PUTRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kuda kuda panjang dan pendek pada kecepatan tendangan dollyo chagi siswa ekstrakurikuler tae kwon do SMP N 2 Gamping. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes kecepatan tendangan dollyo chagi dengan menggunakan awalan kuda-kuda panjang dan pendek. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler tae kwon do sebanyak 30 siswa dan sampel penelitian berjumlah 20 siswa dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tendangan dollyo chagi dengan menggunakan kuda-kuda panjang memberikan keuntungan yang lebih dominan yaitu dengan menggunakan kuda-kuda panjang maka keseimbangan tubuh saat melakukan tendangan lebih stabil, adapun kekurangan dari kuda-kuda panjang ini adalah kecepatan yang dihasilkan belum maksimal. Peneliti juga menyimpulkan beberapa keuntungan melakukan tendangan dollyo chagi dengan kuda-kuda pendek, dengan menggunakan kuda-kuda pendek tendangan yang dihasilkan lebih cepat, adapun kekurangan melakukan tendangan dollyo chagi menggunakan kuda kuda pendek yaitu keseimbangan tubuh kurang stabil saat melakukan tendangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecepatan, dollyo chagi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52420

Actions (login required)

View Item View Item