Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Animalia Sub Konsep Arthropoda untuk Meningkatkan Kemandirian dan Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik,

Endris, Wahyu Maulana (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Animalia Sub Konsep Arthropoda untuk Meningkatkan Kemandirian dan Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik,. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wahyu-maulana-endris-15725251010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1) menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis web;(2)mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran berbasis web; (3) mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kemandirian, motivasi, dan hasil belajar biologi pada materi Animalia sub konsep Arthropoda peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Jetis, Bantul. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model pengembangan tersebut meliputi tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, dua teman sejawat, dan satu guru biologi SMA. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan di kelas XI IPA 1. Subjek uji coba lapangan dilaksanakan pada kelas eksperimen terdiri dari 30 peserta didik kelas X IPA 1 dan kelas kontrol yang terdiri dari 34 peserta didik kelas X IPA 3. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes kognitif, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, panduan wawancara, angket gaya belajar, angket pengalaman menggunakan media pembelajaran, angket kemandirian belajar, dan angket motivasi belajar biologi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis MANOVA dan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk berupa multimedia pembelajaran berbasis web dengan alamat URL http://biologionline.tk;(2) multimedia pembelajaran berbasis web pada materi Animalia sub konsep Arthropoda layak digunakan dalam pembelajaran biologi; (3) pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran berbasis web efektif meningkatkan kemandirian, motivasi, dan belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Jetis, Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, kemandirian belajar, motivasi belajar, hasil belajar biologi.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Aug 2017 08:50
Last Modified: 09 May 2019 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52397

Actions (login required)

View Item View Item