PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SISTEMIK DENGAN APLIKASI WEBSITE PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK KIMIA KELAS XII SMA/MA

Aprilia, Risna (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN SISTEMIK DENGAN APLIKASI WEBSITE PADA MATERI ELEKTROKIMIA UNTUK KIMIA KELAS XII SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 TAS_RISNA%20APRILIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menyusun bahan ajar berbasis pendekatan sistemik dengan aplikasi website pada materi elektrokimia untuk kimia kelas XII SMA/MA dan menganalisis karakternya, serta menganalisis kualitas bahan ajar yang telah dikembangkan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Richey dan Klein tipe 1. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap desain dan pengembangan, tahap evaluasi, dan tahap validasi. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket terbuka untuk memperoleh data masukan produk dan angket tertutup/checklist untuk memperoleh data skor kualitatif dari reviewer yang terdiri dari 21 indikator penilaian. Hasil penelitian ini adalah produk bahan ajar yang berisi handout elektrokimia yang menampilkan materi elektrokimia dan kaitannya dengan konsep materi kimia yang lain serta memuat diagram siklis keterkaitan antar konsep tersebut, kuis dan LKS. Kualitas bahan ajar termasuk dalam kategori sangat baik (SB) yang ditunjukkan dengan skor rata-rata sebesar 89,5 (skor maksimal 105) dan persentase keidealan sebesar 85,2%, sehingga bahan ajar ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia kelas XII SMA/MA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 14:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52387

Actions (login required)

View Item View Item