PERBANDINGAN PENDEKATAN SISTEMIK DAN PENDEKATAN PENGORGANISASIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID TAHUN AJARAN 2016/2017

Dewi, Nila Karina (2017) PERBANDINGAN PENDEKATAN SISTEMIK DAN PENDEKATAN PENGORGANISASIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI Nila Karina.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menganalisis (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep, (2) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep, (3) ada tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir analitis dengan prestasi belajar kimia perserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Experimental dengan bentuk rancangan Posttest Only Control Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI semester 2 di SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 97 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster sampling, yaitu peserta didik kelas XI IPA 2 sebagai kelas pendekatan pengorganisasian konsep dan peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas pendekatan sistemik yang masing-masing berjumlah 34 peserta didik dan 32 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir analitis yang berupa soal essay dan tes prestasi belajar peserta didik yang berupa soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji korelasi Kendall’s Tau yang dilaksanakan setelah uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep; (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar peserta didik dengan pendekatan sistemik dan pendekatan pengorganisasian konsep; (3) tidak ada hubungan antara kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan sistemik dan pengorganisasian konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:42
Last Modified: 30 Jan 2019 14:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52381

Actions (login required)

View Item View Item