Astuti, Tri Puji and Lestari, Himmawati Puji (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.
![]() |
Text
ABSTRAK.docx Download (12kB) |
|
![]() |
Text
AWAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (394kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (105kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas LKS dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah LKS dengan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis untuk siswa SMP kelas VIII. Instrumen penelitian yang digunakan di antaranya lembar penilaian LKS untuk mengukur kevalidan, angket respons siswa, angket respons guru, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan serta tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan LKS yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu seperangkat LKS yang meliputi LKS kubus dan balok, LKS prisma, dan LKS limas dengan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKS diperoleh skor 4,28 pada skala 5 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan menurut angket respons siswa diperoleh 4,17 pada skala 5 dengan kategori praktis, nilai rata-rata angket respons guru diperoleh skor 4,10 pada skala 5 dengan kategori praktis, dan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 95,45 dengan kategori sangat baik. Penilaian keefektifan menurut tes kemampuan berpikir kritis diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 83,87 % dan nilai rata-rata kelas diperoleh 79,27 yang menunjukkan lebih besar dari kriteria minimal baik yang ditentukan yaitu 60, sehingga LKS dapat dikatakan efektif. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 02:44 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:56 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |