PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Astuti, Tri Puji and Lestari, Himmawati Puji (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (12kB)
[img] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas LKS dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah LKS dengan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis untuk siswa SMP kelas VIII. Instrumen penelitian yang digunakan di antaranya lembar penilaian LKS untuk mengukur kevalidan, angket respons siswa, angket respons guru, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kepraktisan serta tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan LKS yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini yaitu seperangkat LKS yang meliputi LKS kubus dan balok, LKS prisma, dan LKS limas dengan pendekatan kontekstual yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penilaian kevalidan LKS diperoleh skor 4,28 pada skala 5 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan menurut angket respons siswa diperoleh 4,17 pada skala 5 dengan kategori praktis, nilai rata-rata angket respons guru diperoleh skor 4,10 pada skala 5 dengan kategori praktis, dan persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 95,45 dengan kategori sangat baik. Penilaian keefektifan menurut tes kemampuan berpikir kritis diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 83,87 % dan nilai rata-rata kelas diperoleh 79,27 yang menunjukkan lebih besar dari kriteria minimal baik yang ditentukan yaitu 60, sehingga LKS dapat dikatakan efektif. Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 25 Aug 2017 02:44
Last Modified: 30 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52370

Actions (login required)

View Item View Item